alex ferguson

Berita olahraga sepakbola : Informasi Seputar Alex Ferguson

Alex Ferguson adalah pemain sepak bola Skotlandia yang dikenal karena manajemen liga Manchester United yang sangat sukses dan berjangka panjang.Ringkasan
Alex Ferguson lahir pada 31 Desember 1941, di Glasgow, Skotlandia, dan membuat nama untuk dirinya sendiri bermain sepak bola untuk Dunfermline Athletic. Dia melanjutkan untuk mengelola Aberdeen FC untuk sukses besar dan dipekerjakan pada tahun 1986 untuk menjalankan Manchester United, memimpin liga untuk memenangkan banyak gelar kejuaraan profil tinggi.

Berita olahraga sepakbola – Tahun-tahun awal
Alexander Chapman Ferguson lahir dari orang tua Alexander Sr. dan Elizabeth di Glasgow, Skotlandia, pada 31 Desember 1941. Tumbuh dalam komunitas penggilingan kelas pekerja di Govan, Ferguson dianggap sebagai bocah yang cerdas tetapi kurang berminat pada tugas sekolah. Dia lebih suka menendang bola bola dengan adik laki-lakinya, Martin, dan teman-teman melalui lorong-lorong di antara rumah-rumah petak, dan dengan bantuan dari Alex Sr., mantan pemain amatir, ia berkembang menjadi bakat muda yang menjanjikan.

Berita olahraga sepakbola – Karir Sepak Bola
Ferguson membuat debut seniornya untuk klub Queens Park Rangers amatir sebagai 16 tahun pada bulan November 1958, mencetak gol tunggal timnya. Dia pindah ke klub St Johnstone pada tahun 1960, dan meskipun dia menunjukkan kemampuan mencetak gol yang menjanjikan sebagai striker, dia berjuang untuk mendapatkan menit-menit reguler.

Ferguson menjadi profesional setelah bergabung dengan Dunfermline Athletic pada musim panas 1964. Akhirnya diberi waktu bermain yang luas, ia terikat untuk memimpin Divisi Pertama Skotlandia dengan 31 gol pada 1965-’66 dan selesai sebagai top skorer timnya dalam dua musim lainnya bersama Pars. Dia juga menunjukkan pola pikir seorang manajer masa depan, mengesankan rekan setimnya dengan pengetahuan luasnya tentang pemain lawan dan instruksi menggonggong sepanjang pertandingan.

Pada tahun 1967, Ferguson bergabung dengan Rangers F.C yang berbasis di Glasgow. untuk biaya transfer Skotlandia-rekor sekitar $ 179.000 (65.000 pound), tetapi kepulangannya berakhir buruk. Disalahkan untuk tugas defensif yang gagal dalam kekalahan final Liga Skotlandia 1969 ke Celtic F.C., Ferguson terpaksa bermain dengan tim junior sampai ia meninggalkan klub musim gugur itu. Dia menghabiskan empat musim berikutnya dengan Falkirk, dan kemudian mengakhiri karir bermainnya dengan Ayr United pada 1973-’74.

Berita olahraga sepakbola – Manajer
Ferguson yang berusia 32 tahun memulai karir manajerialnya di East Stirlingshire pada tahun 1974, membuat dampak langsung dengan sifatnya yang berapi-api dan kompetitif. Dia pindah ke St. Mirren setelah beberapa bulan, dan meskipun memimpin Saints ke kejuaraan Divisi Pertama Skotlandia pada 1977, dia dipecat setahun kemudian karena pelanggaran kontrak.

Itu dengan Aberdeen bahwa Ferguson mengokohkan reputasinya sebagai manajer papan atas. Memecah cengkeraman kejuaraan Celtic-Rangers, Ferguson memimpin Aberdeen ke tiga gelar Liga Premier Skotlandia, empat Piala Skotlandia, Piala Liga, Piala Super, dan Piala Winners Eropa selama delapan musim.

Ferguson mengambil alih sebagai bos klub Manchester United yang terkenal tetapi kurang berprestasi pada bulan November 1986. Pekerjaannya dilaporkan di garis setelah perkelahian sangat kasar di awal musim 1989-90, tetapi The Reds pulih untuk memenangkan Piala FA tahun itu dan serangkaian kesuksesan diikuti: Piala Winners Eropa pada tahun 1991, Piala Liga pada tahun ’92 dan kejuaraan Premier League yang sukar dipahami pada tahun ’93.

Prestasi mahkota Ferguson datang di musim 1998-’99, ketika ia menjadi manajer pertama tim Inggris untuk memenangkan treble: kejuaraan Liga Primer, Piala FA, dan Piala Eropa. Ini menandai dimulainya peregangan di mana United memenangkan tiga gelar Liga Premier berturut-turut, dan empat dalam lima tahun. Pada tahun 2003, Ferguson menerima Manajer penghargaan Dekade, yang disajikan oleh FA Premier League untuk menandai 10 tahun pertama Premiership.

Ferguson kembali memimpin timnya meraih tiga gelar Premier League langsung dari tahun 2007-’09, bersama dengan Piala Eropa dan kemenangan FIFA Club World Cup pada tahun 2008, dan Piala Liga back-to-back pada tahun 2009-’10. Pada bulan Desember 2010, ia melampaui masa jabatan 24 tahun ditambah Sir Matt Busby untuk menjadi manajer terlama dalam sejarah United. Tepat, ia mengakhiri musim dengan kemenangan tonggak lain yang memberi United rekor 19 kejuaraan Premier League.

Berita olahraga sepakbola – Kehidupan pribadi
Ferguson menikahi istrinya, Cathy Holding, pada tahun 1966. Mereka memiliki tiga putra: Mark, Darren dan Jason. Darren bermain sebentar untuk ayahnya di Manchester United pada 1990-an dan kemudian menjadi manajer sepakbola sendiri.

Seorang pendukung lama Partai Buruh, Ferguson juga berfungsi sebagai Duta Besar Kerajaan Inggris untuk UNICEF. Setelah memimpin Manchester United ke treble bersejarah pada tahun 1999, ia dianugerahi gelar ksatria dalam Daftar Honours Ulang Tahun Ratu.

Lihat video dokumenter Alex Ferguson berikut ini :

 

1 thought on “Berita olahraga sepakbola : Informasi Seputar Alex Ferguson

  1. Ferguson tetap yang terbaik dari semua manager yang pernah ada. Selalu berupaya untuk bertanding dengan budget pemain yang simple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Twitter
Instagram